Ada Sejarah Dibalik Sebuah Nama



Pontianak?

Kenapa namanya Pontianak?

Sudah pasti banyak yang bertanya-tanya seperti itu.
Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat, Indonesia.
Kenapa namanya Pontianak? Menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat nama Pontianak ini ada kaitannya dengan cerita Syarif Abdulrahman, yang sering diganggu oleh kuntilanak ketika dia menyusuri sungai kapuas.


Syarif Abdulrahman melepaskan tembakan meriam bambu (Karbit) untuk menakuti-nakuti dan mengusir kuntilanak yang mengganggunya. Meriam karbit menjadi sebuah tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat kota Pontianak sampai sekarang yang biasanya disebut dengan Festival Meriam Karbit.
Festival ini diadakan setiap tahun, tepatnya pada malam takbiran menjelang Hari Raya Lebaran.

Tahun lalu saya sempat mengikuti festival ini, dan ternyata wah! Luar biasa pemandangan yang saya lihat. Ada puluhan meriam yang di jejer kan tepat di tepi sungai Kapuas karena banyak sekali yang berpartisipasi dalam festival tersebut, untuk unjuk kebolehan. Ketika meriam-meriam itu di sulut dengan api. Duar! Suara dentuman nya sangat keras, bahkan bisa menggoncangkan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Terlepas dari itu, Pontianak memiliki keunikan karena kota Pontianak dilewati oleh garis khatulistiwa ( Equator ) ini menjadikan kota Pontianak berada pada titik 0 derajat pada tanggal 23 Maret dan September setiap tahun.
Hal ini merupakan salah satu event spesial di kota Pontianak yang bisa menarik minat turis lokal maupun Mancanegara selain dari Festival Meriam Karbit.
Pontianak juga memiliki ikon-ikon yang menarik untuk dikunjungi, seperti:  Keraton Kadaria, Korem, Sungai Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Rumah Radangk, dan Museum.


Seharusnya kita sebagai masyarakat dan pemerintah kota ini, bisa lebih gencar lagi untuk memperkenalkan setiap event dan ikon yang kita miliki, sehingga kota kita yang tercinta  menjadi kota yang lebih maju dari yang sekarang ini. Karena ada banyak potensi yang dimiliki kota Pontianak dan bisa digunakan untuk membangun serta memajukan kota yang sangat luar biasa ini.

Inilah yang membuat saya berfikir bahwa Pontianak layak menjadi kota impian bagi setiap orang.





*Tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog Lokal Komunitas Blogger Pontianak 2016"




Share on Google Plus

About Rebeka Sunbanu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)