Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - Pertamina merupakan BUMN yang berfungsi untuk mengelola minyak dan gas bumi di Indonesia. Pertamina tergabung dari pertamin dan pertamina. Didirikan tanggal 10 Desember 1957.

Adanya pertamina ini sangat membantu masyarakat. Mempermudah untuk mendapatkan bahan bakar, apalagi sekarang masyarakat rata-rata sudah mengunakan kendaraan bermotor dan mobil. Perlu diketahui bahwa pertamina memilliki beberapa jenis produk, sesuai dengan kategorinya. Berikut beberapa produk yang dikeluarkan oleh pertamina berdasarkan beberapa kategori:

Bahan Bakar Minyak (BBM)
  • Minyak Bensin
  • Minyak Solar
  • Minyak Tanah
  • Minyak Bakar
  • Minyak Diesel
Bahan Bakar Khusus (BBK)
  • Pertalite
  • Pertamax
  • Pertamax Plus
  • Pertamina Dex
  • Pertamina Racing
  • Premium
  • Bio Pertamax
  • Bio Solar
  • Aviation Gasoline (BBM Pesawat)
  • Aviation Turbin Fuel
Non BBM 
  • Aspal
  • Pelarut (Solven)
  • Pelumas (Lube Base Oil)
Bahan Bakar Subsidi
  • Bio Solar
  • Premium
Berikutnya saya akan membahas tentang bahan bakar khusus dari Pertamina yaitu Pertalite. Kenapa harus Pertalite? Alasannya karena saya memang menggunakan bahan bakar yang satu ini dan saya merasa sangat puas dengan kelebihan yang dimiliki oleh Pertalite.



Pertalite

Pertamina - Pertalite

Merupakan Varian bahan bakar terbaru  dari pertamina yang kini hadir di 34 Kota/Kabupaten. Memiliki level research octane number (RON) 90. Pertalite membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini jauh lebih baik dibandingkan dengan Premium yang hanya memiliki RON 88. Pertalite sesuai untuk digunakan kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah.

Sejak pertama kali dikeluarkan, Pertalite sudah di uji coba oleh beberapa lembaga. Tentu saja hasilnya sangat bagus dan positif karena melebihi persyaratan dari Pemerintah. Ini dia beberapa perbandingan dari hasil uji coba Pertalite dan persyaratan Pemerintah yang membuktikan bahwa Pertalite memiliki spesifikasi yang melebihi dari standar spesifikasi Ditjen Migas.

-Karakteristik
Spesifikasi Pertalite: min 90
Spesifikasi pemerintah: min 90

- Kandungan timbal
Spesifikasi Pertalite: none
Spesifikasi pemerintah: none

- Kandungan mangan dan besi
Spesifikasi Pertalite: none
Spesifikasi pemerintah: none

- Kandungan sulfur
Spesifikasi Pertalite: 180 ppm
Spesifikasi pemerintah: maks 500 ppm

- Stabilitas oksidasi
Spesifikasi Pertalite: > 480 menit
Spesifikasi pemerintah: min 360 menit

- Warna dan tampilan visual
Spesifikasi Pertalite: hijau, jernih, dan terang
Spesifikasi pemerintah: hijau, jernih, dan terang.

Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa Pertalite juga memiliki beberapa kelebihan. Apakah kelebihan Pertalite?

1.Durability
Dari segi durability Pertalite dapat dikategorikan sebagai bahan bakar kendaraan yang memenuhi syarat dasar durability/ketahan, dimana BBK ini tidak akan menimbulkan gangguan serta kerusakan mesin, kenapa demikian? Itu karena kandungan oktan 90 lebih sesuai dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan bermotor yang beredar di indonesia saat ini.

Sementara itu kandungan aditif berupa detergent, anti korosi, serta pemisah air pada pertalite akan mengahambat proses korosi dan pembentukan deposit didalam mesin. Jadi, itu juga akan meningkatkan ketahanan mesin.

2. Fuel Economy
Kesesuaian oktan 90 Pertalite dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan berjalan sesuai dengan rancangannya. Perbandingan Air Fuel Ratio lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar menjadikan kinerja mesin lebih optimal dan efisien dalam menempuh jarak lebih jauh karena biaya operasi bahan bakar dalam Rp/Km akan lebih hemat. Menggunakan Pertalite memang membantu menghemat pengeluaran dalam hal biaya transportasi.

3. Performance
Kesesuaian angka Oktan 90 yang dimiliki Pertalite dan kandungan Aditif yang terdapat didalamnya dengan spesifikasi mesin itu akan menghasilkan performa mesin yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan Oktan 88. Hasilnya adalah tarikan lebih enteng dan rigan, kecepatan yang lebih tinggi dan juga pancaran gas buang yang lebih bersih. Hal ini akan menjadikan kendaran lebih lincah dan laju dalam bermanufer serta lebih ramah lingkungan.

Jadi, over all Pertalite memang masih menjadi bahan bakar pilihan karena memang Pertalite sangat irit dan membuat kendaraan melaju dengan cepat. Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan itu bukan hanya sekedar slogan saja. Tapi memang sudah terbukti adanya.
Share on Google Plus

About Rebeka Sunbanu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar:

  1. Mba apa sih perbedaan dasar antara Pertalite dengan premium ??

    APakah kalau kedua di campur tidak masalah ???

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)