Happy Easter



Sunbanu.com - Happy Easter! Selamat Paskah bagi umat Kristiani. Hari ini dimana kita sebagai umat Kristen memperingati hari sengsara Tuhan Yesus yang rela mati di kayu salib untuk memberikan anugerah keselamatan dan hidup bagi kita manusia yang berdosa. 

Biasanya kalau Paskah itu identik banget sama telur paskah dan kelinci paskah. Entah apa makna nya itu. Namun saya bukan mau bahas tentang itu tapi saya mau mengajak untuk merenungkan pengorbanan Tuhan Yesus agar kita bisa hidup seperti sekarang ini.


Ya, seperti yang saya yakini bahwa Tuhan itu mati untuk menebus dosa manusia. Seharusnya manusia yang mati secara sadis, disiksa bahkan disalib seperti itu, namun Tuhan Yesus gantikan tempat kita dan rela menderita untuk menghapuskan dosa. Kematian Yesus memang sudah dinubuatkan sejak dahulu kala, pada Alkitab perjanjian lama memang sudah dijelaskan nubuat kematian Tuhan.

Yesaya 53:3-8
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
53:4    Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5    Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6    Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7    Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8    Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
Sudah jelas dalam kitab Yesaya bahwa ada saatnya Tuhan akan menderita menanggung dosa manusia. 

1. Mahkota duri
Sebelum Yesus disalib, Yesus juga diberikan mahkota duri. Ini maknanya bahwa pikiran kotor, pikiran berdosa yang sering kita lakukan yang seharusnya dimahkotai namun Tuhan sudah mengantikan nya.

2. Tangan dan kaki dipaku
Manusia memang selalu melakukan dosa dengan tangan dan kaki. Tangan digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak benar, seperti mencuri, memukul,dll. Kaki digunakan untuk menendang, berjalan ke tempat-tempat yang tidak benar. Tapi tangan dan kaki Tuhanlah yang dipaku untuk menebus dosa yang kita lakukan.

3. Tubuh dicambuk
Tubuh Tuhan dicambuk sehingga darah menggalir dari sekujur tubuhNya, ini berarti keseluruhan dosa yang dilakukan manusia dengan rela Tuhan berikan tubuhNya untuk menebus semuannya itu. 


Ketika Tuhan mengatakan "Sudah selesai!!" (Yohanes 19:30) sebelum kematiannya, itu menandakan bahwa misiNya sudah Ia lakukan atau telah digenapi, dosa sudah lunas dibayar dan manusia sudah diperdamaikan dengan Allah. Roma 5:10
Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!
Oleh sebab itu mari dalam suasana Paskah ini kita merenungkan betapa besar kasih Allah bagi hidup kita, Tuhan sudah menyerahkan nyawanya bagi kita, tapi apa yang bisa kita berikan bagi Tuhan? Satu-satunya cara untuk membalas semuanya itu hanya dengan memuji dan menyembah Tuhan, jangan lalai dalam beribadah. Bukan hanya ibadah Minggu saja namun dalam pertemuan- pertemuan ibadah lainnya. Jangan lupa juga baca Alkitab dan berdoa kepada Tuhan. 

Dan juga mari belajar mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kita, yang menyakiti hati kita karena Tuhan sudah lebih dulu mengampuni kita. 
Tuhan tidak hanya mati namun Tuhan juga bangkit pada hari yang ketiga dan naik ke sorga untuk menyiapkan tempat bagi kita. 

Share on Google Plus

About Rebeka Sunbanu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)